Home Visi dan Misi

Visi dan Misi

305
SHARE

Guna menentukan arah ke depan yang menggambarkan tujuan yang ingin dicapai dari penyelenggaraan pembangunan, pengelolaan pemerintahan daerah dan pemberdayaan masyarakat, serta guna menyatukan persepsi, interpretasi serta komitmen seluruh komponen masyarakat, maka perlu ditetapkan Visi Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2016-2021

Amanat Permendagri Nomor 54 Tahun 2010 bahwa visi dalam RPJMD harus menggambarkan arah yang jelas tentang kondisi masa depan yang ingin dicapai dalam lima 5 (tahun) tahun mendatang (clarity of direction). sesuai dengan amanat ini, maka visi pembangunan Provinsi Sulawesi Tengah adalah gambaran kondisi Provinsi Sulawesi Tengah yang ingin dicapai pada periode 2016-2021. RPJMD Provinsi Sulawesi Tengah 2016-2021 merupakan tahap ketiga dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2015-2020.

Mengacu pada permasalahan pembangunan daerah dan isu strategis yang perlu diselesaikan dalam jangka menengah dan perpijak pada prioritas pembangunan dalam RPJPD Prinvisi Sulawesi Tengah, RPJMN Tahun 2015-2019 dan Prioritas pembangunan nasional yang tertuang dalam Nawacita dan Trisakti, dengan mempertimbangan potensi, kondisi, permasalahan, tantangan dan peluang serta isu-isu stragegis yang terjadi diprovinsi Sulawesi Tengah maka visi Pembangunan Provinsi Sulawesi Tengah Periode 2016-2021 sebagai :

"SULAWESI TENGAH MAJU, MANDIRI DAN BERDAYA SAING"

Visi ini dijabarkan lebih lanjut ke dalam misi yang menjadi tanggung jawab seluruh lapisan masyrakat Provinsi Sulawesi Tengah yang terdiri aparatur pemerintah pemerintah daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Derah, organisasi politik, organisasi sosial kemasyarakatan, lembaga swadaya masyarakat, organisasi profesi, lembaga  pendidikan, dunia usaha, tokoh masyarakat, dan seluruh anggota masyarakat untuk mewujudkan cita-cita masa depan. Misi tersebut adalah :

  1. Melanjutkan Reformasi Birokrasi, Mendukung Penegakan Supremasi Hukum dan HAM.
  2. Meningkatkan Pembangunan infrastruktur Daerah dan Mendukung Kemandirian Energi.
  3. Meningkatkan Pemtumbuhan Ekonomi Melalui Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan.
  4. Mewujudkan Pengolaan Sumberdaya  Agribisnis dan Marithin yang Optimal dan Berkelanjutan Sejajar dengan Provinsi Maju di Kawasan Timur Indonesia.
  5. Meningkatkan Kualitas Sumberdaya Manusia yang Berdaya Saing dan Berbudaya.

Di dalam menyusun Rencana Stragegis BPBD Perlu juga dicanangkan visi dan misi yang mengacu dan searah dengan visi dan misi Pemerintah Sulawesi Tengah. Untuk mendukung visi dan misi BPBD juga perlu disiapkan "ruang" yang memadai guna menampung seluruh aktivitas yang berkembang dalam rangka mewujudkan visi yang ditetapkan. Ruang yang dimasukkan disini adalah tempat beserta sarana dan prasarana yang memadai yang menampung seluruh aktivitas individu atau kelompok dalam rangka menuju tercapainya visi  BPBD Provinsi Sulawesi Tengah. Disamping itu, berdasarkan semangat Undang-Undang Dasar 1945 yang memberikan amanat melalui pembangunan di bidang penanggulangan bencana, BPBD Bersama masyarakat Sulawesi Tengah, dan sektor swasta secara bersama-sama dan partisipatif harus siap sedia dalam menghdapi potensi bencana yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah. Oleh karena itu, visi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tengah sebagai pemegang mandal pembangunan di bidang penyelenggaraan penanggulangan bencana di daerah Provinsi Sulawesi Tengah adalah :

"TERWUJUDNYA PENAGGULANGAN BENCANA YANG TANGGUH SECARA TERENCANA, TERPADU DAN MENYELURUH"

Sesuai dengna peran dan tanggung jawab yang ada pada Udang-Undang Nomor 24 tahun 2007 maka BPBD Provinsi Sulawesi Tengah harus mampu mengoptimalkan penanggulangan bencana melalui peningkatan kesiapsiagaan menghadapi bencana serta membangun kesadaran masyrakat dalam upaya pengurangan risiko bencana dalam berbagai aspek kehidupan dan penghidupan.

Untuk mewujudkan Visi BPBD Provinsi Sulawesi Tengah dalam membangun kesiapan menghdapi potensi bencana serta meningkatkan kemampuan untuk menanggulangi bencana, maka dirumuskan misi sebagai berikut :

  1. Melindungi daerah dari ancaman bencana melalui penguragan resiko bencana;
  2. Membanguan sistem penanggulangan bencana daerah yang handal;
  3. Meningkatkan mutu dan profesionalisme penagangan bencana yang diselanggarakan oleh pemerintah, masyarakat, LSM dan organisasi mitra pemerintah serta dunia usaha; 
  4. Mencegah, melindungi dan mengantisipasi potensi dan ancaman yang dapat menimbulkan bencana dari proses alami, industrialisasi, krisis sosia, ekonomi, globalisasi dan arus informasi;
  5. Memelihara, meperkuat stabilitas sosial, mengembangkan prakasa dan peran aktif masyarakat melalui pola kemitraan dalam penaggulangan bencana daerah;
  6. Menyelenggarakan penanggulangan bencana daerah secara terencana, terpadu, terkoordinasi dan menyeluruh serta adil dan merata.

Upaya pencapaian Misi pembangunan di bidang Penanggulangan Bencana tersebut di perlukan suatu kerjasama yang sinegis antar Dinas/Instansi, Kantor dan Badan pemerintah dan non pemerintah, pemerintah daerah Kabupaten/Kota, serta masyrakat, Untuk dapat melakukan program kegiatan dalam BPBD Provinsi Sulawesi Tengah agar dapat sesuai dengan arah kebijakan dan sasaran kinerja yang direncanakan.