Home Headline Kebakaran di Kabupaten Toli-Toli Menghanguskan 385 Rumah Dan Menelan 1 Korban Jiwa

Kebakaran di Kabupaten Toli-Toli Menghanguskan 385 Rumah Dan Menelan 1 Korban Jiwa

89
0
SHARE
Kebakaran di Kabupaten Toli-Toli Menghanguskan 385 Rumah Dan Menelan 1 Korban Jiwa

Keterangan Gambar : Kebakaran yang menghanguskan 385 rumah warga di Kabupaten Toli-Toli

PUSDATIN_PB – Minggu tanggal 3 Februari 2020 pukul 22.15 WITA telah terjadi Kebakaran di Kawasan Empang Pelabuhan Jl. Mubarak Kelurahan Sidoarjo Kecamatan Baolan Kabupaten Toli-toli Provinsi Sulawesi Tengah (03/02/2020).

Peristiwa ini pertama kali diketahui oleh Sdr. Anto (32th) yang pada saat itu melintas di Jalan Baru sekitar pukul 22.15 WITA tiba-tiba Sdr. Anto (32th) melihat Api dari atap dapur rumah Sdr. Iskandar kemudian berteriak kebakaran sambil mengetuk rumah Sdr. Iskandar yang saat itu sudah tertidur lelap, tidak lama kemudian Sdr. Iskandar bersama keluarganya keluar rumah sambil meminta tolong kepada masyarakat sekitar untuk memadamkan api. Namun api sudah terlalu besar sehingga warga tidak mampu memadamkannya sehingga merambat dan membakar rumah-rumah warga yang lain yang berada di lokasi Empang Pelabuhan Jl. Mubarak.

Berdasarkan dari data yang di kumpulkan diketahui  Kebakaran tersebut menghanguskan sekitar 385 rumah warga di Kawasan Empang Pelabuhan tersebut dan sekitar 400 KK terdampak yang ini mengungsi di tenda penggungsian yang disiapkan oleh TIM BPBD dan BNPB.

Kebarakan ini juga menelan korban sebanyak 1 jiwa. Korban ditemukan pada Pukul 04.00 WITA, dan telah teridentivikasi atas nama bpk. Saleh (53). Selanjutnya mayat tersebut di bawa ke Rumah Sakit Mokopido.

Dalam kebakaran tersebut ada sekitar 6 buah pemadam kebakaran yang diterjunkan yaitu; 1 unit mobil dinas pemadam kebakaran, 1 unit mobil Water Canon Polres Toli-toli, 1 unit mobil pemadam BPBD Kab. Toli-Toli, 1 unit Mobil tangki air Lanal Toli-Toli, 1 unit mobil pemadam Meta Indah dan 1 unit mobil pemadam Dinas PU Toli-Toli serta masyarakat yang juga ikut membantu memadamkan api dengan menggunakan peralatan seadanya dan api baru berhasil di padamkan pada senin (3/2/2020) sekira pukul 03.00 WITA.

Pada Pukul 04.00 WITA (3/2/2019) subuh dini hari Tim BPBD Provinsi Sulawesi Tengah sudah dalam perjalanan menuju Kab. Toli-Toli dengan membawa beberapa bantuan logistik diantaranya antara lain ; Selimut 300 lembar, Sarung 300 lembar, Matras 150 lembar, Masker 1000 lembar, Perlengkapan bayi 30 paket, sandang 50 paket dan kebutuhan lainnya yang diperlukan oleh para pengungsi.

Adapun kerugian material warga dari kejadian kebakaran ini diperkirakan milyaran rupiah. Kita berdoa agar masyarakat yang berada di pengungsian tetap diberi ketabahan, aamiin. Salam kemanusiaan.