Home Headline INTERNATIONAL GEOLOGI SEMINAR

INTERNATIONAL GEOLOGI SEMINAR

147
0
SHARE
INTERNATIONAL GEOLOGI SEMINAR

PUSDATIN_PB – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu melaksanakan INTERNATIONAL GEOLOGI SEMINAR tentang “Adapting To Earthquake and Stunami Risk Trough 20-10-20 Sceheme” adapun yang hadir sebagai narasumber yaitu Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Dr.Ir.Bartholomeus Tandigala,SH.,CES, Dr. Lukman S. Thahir, M.Ag, Prof. Dr. H. Sagaf S. Pettalongi, M.Pd, dan Prof. Ronald Albert Harris yang bertempat di Aula IAIN.

Jadi sesar di palu koro, justru tsunami di sebabkan oleh longsor. Akankah terjadi lagi longsor di laut ? itu akan sulit di ketahui, longsor bukan hal yang mudah kapan kita ketahui, akan tetapi kita harus berasumsi bahwa itu akan terjadi lagi, Kita terjadi lagi gempa bumi segera melakukan evakuasi. Bapak prof juga menekankan bahwa dia tidak mengatakan di butuhkan 400 tahun untuk terjadi tsunami, tapi untuk 400 tahun untuk terjadi gempa bumi, bisa saja sebuah gempa bumi itu terjadi di tempat lain” ucap Prof. Ronald Albert Harris.

Dalam pembahasan tersebut Pak Barto menenkankan pembangunan tanggul sepanjang 7 KM yang di bangun teluk palu itu bukan untuk menahan tsunami, tetapi untuk penataan pantai kembali untuk melindungi infrastruktur yang masih bagus di sekitar pantai, termaksud jalan nasional ini.

Kemudian untuk Zona merah, semua yang berada dalam zona merah itu di siapkan Hunian tetap di beberapa lokasi termaksud tondo, talise, duyu dan beberapa lokasi zona merah sambil menunggu pembebasan dari pihak pertanahan.