Home Headline Dukungan Alat Berat terhadap bencana di Kabupaten SIGI

Dukungan Alat Berat terhadap bencana di Kabupaten SIGI

78
0
SHARE
Dukungan Alat Berat terhadap bencana di Kabupaten SIGI

Keterangan Gambar : Alat berat saat melakukan pembersihan puing-puing sekaligus normalisasi sungai

PUSDATIN_PB – Bencana banjir yang melanda di Kabupaten Sigi pada tanggal 12 Desember 2019 kemarin menjadi tugas bagi semua Instansi terkait termasuk dari BPBD Provinsi Sulteng sendiri. 

Melihat kondisi Desa Bolapapu sendiri yang diterjang banjir bandang yang membawa batu-batu besar dari hulu sungai, maka warga setempat menghendaki agar sungai yang melewati desa tersebut segera dilakukan normalisasi. Pasalnya, jika tidak dinormalisasi, maka kedepan bencana yang sama bakal terulang jika hujan deras sewaktu waktu datang.

Mendengar permintaan masyarakat setempat BPBD Provinsi Sulawesi Tengah yang menjadi tonggak penanggulangan bencana di wilayah Sulawesi Tengah langsung turun dengan memberikan dukungan alat berat di Kabupaten Sigi khususnya di Desa Bolapapu yang terdampak bencana banjir tersebut. Dengan diturunkannya Alat berat tersebut diharapkan dapat membantu untuk pembersihan sisa puing-puing sekaligus digunakan menormalisasikan sungai.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Sulawesi Tengah yaitu Dr. Ir. Bartholomeus Tandigala, SH.,CES menyampaikan, “Alat berat yang dikelola oleh BPBD Provinsi Sulteng sendiri memang khusus disiapkan untuk membantu wilayah-wilayah daerah kabupaten Kota yang terdampak bencana bukan hanya di Wilayah Sigi, alat tersebut siap digunakan kapan saja untuk membersihkan dan menormalisasikan aliran sungai agar jika terjadi bencana banjir susulan tidak berdampak atau tidak mengalir dipemukiman penduduk sekitar”.

Kades Bolapapu mengatakan “Aspirasi soal normalisasi sungai tersebut disampaikan kepala desa bersama warga kepada anggota DPD RI Lukky Semen yang berkunjung ke lokasi dan berkesempatan melakukan dialog untuk menyerap aspirasi.  "Harapan kami agar normalisasi sungai di desa kami segera ditangani. Karena jangan sampai terulang lagi kalau hujan deras datang terjadi banjir bandang yang menelan korban," ungkap Kades serius

Pak Bartho sapaan akrabnya  juga menambahkan “terkait dukungan alat berat di Kabupaten Kota yang terdampak bencana dipergunakan hingga selesai sampai tidak dibutuhkan lagi alat tersebut. Harapan untuk semua, dengan adanya alat berat tersebut dapat membantu Kabupaten Kota dan masyarakat yang terdampak bencana dapat pulih kembali, pembersihan tersebut untuk membersihkan puing-puing bangunan, longsoran baik itu pasir ataupun lumpur hingga tidak lagi mengganggu segala aktivitas Masyarakat yang terdampak di wilayah bencana tersebut” Imbuhnya.