Home Headline Bencana Banjir Di Wilayah Desa Togo Mulya, Kec. Petasia Barat, Kab. Morowali Utara

Bencana Banjir Di Wilayah Desa Togo Mulya, Kec. Petasia Barat, Kab. Morowali Utara

57
0
SHARE
Bencana Banjir Di Wilayah Desa Togo Mulya, Kec. Petasia Barat, Kab. Morowali Utara

Keterangan Gambar : Genangan Air Di pemukiman Warga Desa Togo Mulya Morowali Utara

PUSDATIN_PB – Melaporkan hari ini Tanggal 3 April 2020, Laporan masuk pukul 18.54, Dari hasil pemantauan banjir di wilayah Desa Togo Mulya, Kec. Petasia barat, Kab. Morowali Utara. Pada hari jumat, tanggal 3 April 2020 sekitar pukul 13.00 Wita, telah dilakukan pemantauan kondisi air Sungai Laa, di Desa Togo Mulya, Kecamatan Petasia Barat, Kab. Morowali Utara. Dari hasil pemantaun terakhir didapati bahwa kondisi air Sungai Laa, bertambah meluap dan mengakibatkan Desa Togo Mulya terendam air dengan ketinggian rata – rata 50 – 150 cm.

Dampak yang ditimbulkan di desa togo mulya, kecamatan petasia barat dari meluapnya sungai laa antara lain 270 unit rumah terendam air, rumah ibadah 3 unit, Gedung sekolah 3 unit, asset desa / sarana 1 unit, dan pustu 1 unit. Dan pada lahan pertanian / ternak,  400Ha pesawahan, kebun coklat 22,5Ha, Kebun sawit 43,5Ha, ayam ternak 1.039 ekor, kerugian materil kurang lebih sekitar Rp.372.730.000 .Untuk saat ini korban jiwa dan yang mengungsi masih nihil.

Kronologis terjadinya banjir di desa Togo, adalah akibat tingginya curah hujan di hulu sungai Laa yakni diwilayah Kecamatan Mori Atas, Sehingga Desa Togo Mulya menjadi salah satu lokasi rawan banjir setiap memasuki musim penghujan. Akibat dari banjir tersebut menyebabkan petani gagal panen, dan terisolasinya Desa Togo mulya karena banjir.

 

Sumber BPBD Morowali Utara