Home Headline Banjir Bandang di Desa Lengkeka Lore Barat kab. Poso membuat ratusan warga mengungsi 1 korban hilang

Banjir Bandang di Desa Lengkeka Lore Barat kab. Poso membuat ratusan warga mengungsi 1 korban hilang

80
0
SHARE
Banjir Bandang di Desa Lengkeka Lore Barat kab. Poso membuat ratusan warga mengungsi 1 korban hilang

Keterangan Gambar : Banjir bandang dari hulu yang membawa material lumpur, batang kayu dan bebatuan di desa Lengkeka kec. Lore Barat Kab. Poso

PUSDATIN_PB - Melaporkan Kemarin hari selasa tgl 03 Maret 2020 tepatnya pada pukul 15.00 Wita telah terjadi Bencana Longsor dan banjir di Desa Lengkeka, Kec. Lore Barat, Kab. Poso Provinsi Sulawesi Tengah (03/03/2020).

Hujan yang terus menerus mengguyur Desa Lengkeka selama beberapa hari terakhir menyebabkan air yang berasal dari hulu meluap, melalui anak sungai yang berada dekat kampung dan tidak dapat ditampung oleh sungai sehingga air masuk ke pemukiman warga dengan membawa lumpur dan batang-batang kayu, kemudian sekitar 2 jam kemudian air sudah tidak mengalir deras sehingga saat ini air beserta lumpur masih setinggi lutut orang dewasa.

Menurut Informasi yang telah dikumpulkan diketahui 1 orang warga a/n Ibu Bambang hilang belum diketahui keberadaannya sampai saat ini..

Adapun kerugian material yaitu rumah yang terkena dampak banjir yaitu 11 rumah dinyatakan rusak berat, dan 51 rumah rusak ringan. Aparat yang turun lapangan yaitu teman-teman dari BPBD khususnya Tim TRC, aparat kepolisian, aparat kecamatan, dan Danramil, langsung melakukan evakuasi para warga.

Sampai saat ini warga masyarakat sudah diungsikan kurang lebih 900 jiwa ke kantor camat di Lore Barat.

Pada pukul 23.00 WITA (04 Maret 2020) dini hari tim BPBD Provinsi Sulawesi Tengah yang terdiri dari 6 Personil TRC BPBD Provinsi Sulawesi Tengah, KASI Logistik, dan 2 Armada Sudah dalam perjalanan menuju Desa lengkeka Kec. Lore Barat Kab. Poso. Respon awal dukungan logistik Pemrov Sulteng non pangan melalui BPBD Prov Sulteng antara lain ; Selimut 200 lembar, sarung 150 lembar, matras 100 lbr, terpal 100 lembar, jas hujan 200 lembar, gelas 100 pcs, piring 100 pcs, Mangko tutup 100 pcs, mangko100 pcs, sendok 100 pcs, dan teko air 25 pcs